jalan

Selamat Datang di blog Imam Dzikrillah - Basri - Dedi Pandiangan - M. Fikri

Emping Keceprek Menes

emping manis pedas
Bila kita pergi ke Menes Kabupaten Pandeglang - Banten, kita sudah "disambut" oleh beberapa penjual emping rasa manis pedas dan berbagai makanan oleh-oleh lainnya.Memang, emping manis pedas khas menes ini adalah makanan tradisional yang pantas dibawa pulang sebagai buah tangan yang pasti disukai orang. Soalnya, bila membuat sendiri cukup sulit. Padahal, harganya cukup murah, hanya sekitar Rp10-20 ribu per kg.

Selain yang rasa manis pedas - gurih renyah - ada pula beragam emping dengan rupa-rupa rasa secara tradisional oleh penduduk setempat. Dengan tingkat kepedasan yang cukup mengigit lidah. Selain kriuk enak, sensasi pedas yang mengigit ini rupanya bikin orang ketagihan.

emping  ini rasanya kriuk gurih dan renyah sehingga enak untuk dijadikan camilan sehari-hari. Untuk makannya biasanya seperti kerupuk, mau dimakan begitu saja,  atau dijadikan teman makan nasi dll. Camilan yang populer di daerah menes ini biasanya dijual dalam plastik-plastik transparan.

Di "pabrik" emping yang menjadi industri rumah tangga, kita dapat melihat bahwa di tangan pekerja-pekerja trampil proses ini ternyata sangat mudah dilakukan.

(imam dz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar